Hi, Vendor! #AjengValdis

23.56

Akhirnya setelah galau sebulan mau ambil paketan gedung atau engga... gue & Valdis mutusin buat ngurus semuanya sendiri. Awalnya emang stress banget ngurus tanggal di gedung karna kesannya rebutan gitu ya, udah hampir nyerah ngurus vendor-vendor tapi karna banyak 'senior' yang bilang "seni nya ngurus pernikahan itu yaa pas pusing-pusing ngurus vendor, nanti abis nikah pasti kangen sama kegiatan itu".

1. Vendor Catering
Dimulai dari vendor catering, ini nih paling penting karna orang-orang pasti lebih ngomongin makanan daripada ngomongin kita yg punya hajat huft.

Akasya
Duh yang ini sih udah engga perlu diraguin lagi ya untuk rasa & tampilannya, udah sering dateng ke kondangan yang pake Akasya &gue selalu puas nambah di stall nya. Untuk tampilan beda-beda juga sih karna setiap kondangan tema nikahnya beda kan. Pricelistnya gue dapet pas JWF2015 di JCC, kurang sreg sama marketing yang jaga disana karna (kayaknya) orang baru deh jadi jelasinnya aja masih ribet banget &bolak balik nanya ke temennya dulu. Setelah pulang kita itung-itung (tentunya pake cara mba marketing tadi ngitung buat kita juga) sesuai kebutuhan acara kita (1000-1200 pax), alhamdulillah keluarga juga engga ada yang protes sama totalnya.

Jl. Bangka XI/ 67-69
Jakarta Selatan 12730
(021) 71932527, 71790312
Akasyacatering.com

Dwi Tunggal Citra (DTC)
Yayy! gue pikir catering #AjengValdis udah kelar secepet kilat, ternyata tiba-tiba sepupu gue rekomendasiin DTC ke keluarga gue. Apa tuh... gue sekeluarga &keluarganya Valdis emang baru banget denger nama DTC. Akhirnya gue penasaran &browsing, banyak banget-banget-banget yang bilang DTC juga engga kalah enak sama Akasya. Trus pas survey ke beberapa vendor photo&decor mereka juga saranin pake DTC aja, katanya sih DTC itu makanannya berlimpah, bonus juga pasti dikasih banyak, dekorasi nya elegant, &harganya terjangkau (dibawah Akasya, tapi diatas Alfabet).Gue kayaknya belom pernah ngerasain DTC sih, eh apa udah pernah tapi engga sadar ya engga tau juga deh. Akhirnya gue contact mas Awang minta pricelist dan penawaran nya. Ternyata bener harga buffetnya beda tipis sama Akasya, tapi harga stall nya lumayan bikin ngirit.Akhirnya sabtu nanti gue janjian sama mas Awang buat dateng ke kantornya sekalian minta detail nya &test food deh. Yayy! semoga ngurus catering tetep lancar.

Jl. Dempo II no. 22
Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Puspa
Jadi hari minggu kmrn pas lagi liat team dekor Djus Masri di Sasana Kriya, kebetulan mereka lagi bareng Puspa Catering. Awalnya sih emang engga sreg sama Puspa, karna pernah berapa kali kondangan pake puspa rasanya engga konsisten kadang enak kadang engga, terus pas wisuda dikampus pake Puspa juga &rasanya bener-bener engga suka. Tapi pas ketemu marketingnya di Sasana Kriya, kita langsung diemailin penawaran besoknya &dia sempet nelfon ngobrol soal dekorasi makanan karna gue concern banget ke dekorasi anaknya xixi. Belom cobain lagi sih, agak takut engga konsistennya itu takutnya pas acara gue lagi apes dapet yang engga enaknya huft. Tapi udah janjian sama marketingnya buat ketemu di pameran Balai Kartini nanti, ya sekalian test food catering yang lain-lain sih.

2. Vendor Photography

Adiza
Nah ini nih lumayan make drama milihnya. Awalnya kita pilih Adiza, liat hasil-hasil fotonya oke juga &kita dikirimin pricelistnya. Yay on budget banget nih vendor yaudah fixed kita engga mikirin lagi tinggal di deal aja. Tapi agak kurang sreg karna lokasi nya lumayan jauh dari rumah kita. Belajar dari pengalaman Uni sih dia dulu pake vendor kece tapi kantornya jauh dari rumah, sampe sekarang susah banget-banget diajak ketemu orangnya &uni juga udah keburu sibuk deh.

Pasopati
Pas kita lagi baca-baca rekanan gedung Sasana Kriya, ternyata ada vendor photo yang lokasinya deket banget. Akhirnya gue contact minta pricelistnya, trus ditelfon sama mas Aay dijelasin detail-detailnya &malah jadi curcol soal galau ambil paket gedung atau ngurus sendiri aja, lol. Pas liat price nya ya beda-beda tipis lah ya kalo vendor photo sih.Mulai deh galau banget, karna hasil photo Pasopati juga kece, lokasi deket alias di Bintaro, trus harga beda tipis sama vendor lain. Akhirnya hari minggu kita kesana buat ngobrol lebih banyak, liat studionya gede ko dipinggir jalan raya Bintaro deket kampus STAN. Trus ternyata Pasopati ikut pameran traditional wedding nanti di Balai Kartini, mba nya malah bilang kalo mau deal di pameran aja sekalian dapet promo pameran. Yayyy makin happy dong gue siapa sih yang engga suka promo, lol. Kita juga dikasih 4 undangan buat dateng ke pameran jadinya free.Trus kita juga nanya untuk prewed, awalnya kan #AjengValdis engga mau pake prewed lucu-lucuan kayak orang lain ya... karna kita pacaran udah 9 taun berarti tahun depan, stock foto dari jaman bocah sampe sekarang juga udah banyak kalo dikumpulin, lol. Cuma kita emang pengen banget family potrait sama anak-anak kita, Goldy & Bebe. Yang gampang sih fotonya dirumah gue, tapi harganya jadi 2x lipat harga photo studio. Huft masih mikir-mikir sih karna sebelumnya gue pengen pake jasa temen gue kang photo juga udah jago juga.

Jl. Bintaro Utama No.59
Bintaro Sektor 5
021-7342629
73885886
0812159000888
081808114488
studio@pasopati-studio.com
marketing@pasopati-studio.com

Wong Akbar
Nah ini juga bikin galau karna temen 'forum' gue pake ini. Liat hasilnya sih lebih naksir Pasopati. Akhirnya gue whatsapp &minta pricelistnya, langsung ditelfon siang nya sama mas Ferdhy &ternyata lagi ada promo 100% tinggal pilih mau screen atau jimmy jip. Harga nya juga beda tipis, &setara juga sama Pasopati. Lokasinya juga engga jauh-jauh banget sih, lumayan tertarik sama Wong Akbar.Trus akhirnya kita janjian sama Mas Ferdhy di pameran Balai Kartini, ternyata harganya bener-bener sama kyk Pasopat, tapi bonusnya macem-macem banget. Gengges bikin berpaling dari Pasopati nih kalo bonusnya berlimpah gini.

Jl. Jati Murni, Ruko No. 2C
Jati Padang, Pasar Minggu
Phone: 021 7883 3336
Email: hello@wongakbarphoto.com


3. Vendor Entertainment
Deo Entertainment
Ini inceran utama banget sih, karna udah naksir banget sama vocalist mereka si Opet dan Killa, mereka juga rapih banget setiap tampil baju nya kompak engga kalah rapih sama tamu undangan. Awalnya gara-gara visit profile mereka di bridestory.com, terus dikirimin pricelistnya, harganya normal kok masih terjangkau jadi menurut gue sangat worth it dengan penampilan mereka. Biasanya kan kalo kondangan-kondangan engga bakal nempel entertainmentnya diingetan orang-orang, nah gue pengennya sihhh entertaint nya emang yang ngehibur beneran jadi tamu bisa nikmatin lagu-lagu nya juga, engga cuma dipajang biasa kayak kondangan yg lain.

Red Velvet Entertainment
Inceran selain Deo ya cuma ini sihhh, suka karakter mereka juga bagus nyanyinya. Tapi sampe skrg belom gue contact minta pricelistnya sih hahaha

Taman Music
Inceran darf wo (Bantu Manten), saran nya sih Taman Music juga bagus buat ngisi acara. Yaa boleh lah masukin ke list ya.

4. Wedding Organizer
Nah ini penting banget biar acara berjalan lancar, engga ada gangguan yang berarti, dan semuanya sesuai schedule. Pilih WO itu susah-susah gampang, harga semuanya hampir mirip-mirip lah ya engga beda jauh... ada sih beda jauh tapi 'keliatan' ko alesan nya. Tapi harus mikirin dulu juga sih perlu apa engga wo, karna biasanya 'keluarga' kan juga bikin panitia &kalo panitianya serius ngegarap acara lo sih gue yakin panitia keluarga bisa juga gantiin fungsi wo. Karna ujung-ujungnya setiap wo pasti bilang "kita minta perwakilan dari keluarga juga ya buat makanan, buat angpao, buat foto, buat vip...." untuk yang jumlah keluarganya banyak bisa sih engga pake wo, bikin panitia kecil aja. Tapi yang jumlah keluarganya dikit dan tamu nya banyak mendingan sihhh ngehire wo daripada acara jadi berantakan. Gue cuma survey ke-4 wo yang gue incer dari socmed.

setelah muter-muter 4 wo, akhirnya gue deal di Bantu Manten tadi siang di Sushi Tei, Plaza Senayan, bareng Valdis & dealnya melalui mas Yazid. Yayy! Semoga makin lancar-lancar-lancar terus #AjengValdis. 

Btw, ini sedikit pengalaman gue muter-muter 4 wedding organizer:

Pasoetri
Inceran awal, tapi susah banget ya dihubungin diwhatsapp cuma diread aja tapi engga dikirim-kirim tuh pricelistnya. Trus udah email 2x juga belom direspon. Padahal pengen banget sih pake WO Pasoetri karna ngeliatnya udah pengalaman juga kan. Update : mereka akhirnya kirimin sebulan setelah gue udah deal sama Bantu Manten, kzl sih karna harga juga masih on budget tapi why oh why lama banget ditanggepinnya huft.

Canthing
Responnya sedikit telat tapi engga masalah sih yang penting direspon, lol. Harganya cucok, pas, tapi untuk usher VIP nya lumayan berat ya jadi bikin membludak harganya, huft. Mau ajak janjian ketemuan buat nego personil nih karna menurut gue kebanyakan aja yang dipakai untuk undangan 500-600 orang. Tapi so far ngobrol sama mba nya via whatsapp engga ada masalah.

Bantu Manten
Baik banget ngobrol di whatsapp, sempet sama2 salah paham gitu gara2 mungkin gue jelasinnya kurang detail, jadi lah si mba nya bikin penawaran full package padahal gue udah ngurus beberapa vendor sendirian &cuma lagi cari wo one day servicenya aja. Tadi abis ketemu sama Mas Yazid, ngobrol-ngobrol sih cucok sama gue & Valdis.

Anggita Wedding Organizer
Cek IG orang-orang yang nikahnya di Sasana Kriya, lumayan banyak yang pake wo Anggita, jadi tertarik &ngeline mba Tania buat dikirimin pricelistnya juga. Untuk harga WO emang rata-rata mirip sih ya tinggal kita nya aja pilih mau yg mana hehe

5. Vendor Decoration

Sanggar Minang Djus Masri
Yayy! Kalau yg ini sih udah engga galau. Kemaren udah deal di Djus Masri, ngajak nyokap & Valdis buat nego & buat ngukur baju resepsi kita sekalian. Langsung ketemu sama Tante Djus nya & team dekor, sebelumnya kan cuma ketemu sama Mba Fitri. Dijelasin semua printilan adat Padang gimana nanti prosesnya, duh intinya kayaknya bakalan nangis-nangis antara emang sedih & keberatan sunting hehehe awalnya kita cuma pengen deal pelaminan, baju, dan dekorasi resepsi aja, eeeh pas gue sama Valdis lagi ngukur baju nyokap malah keasikan ngobrol sama tante Djus &deal buat ambil sekalian malam bainai. Kata nyokap tante Djus ngejelasinnya enak banget &keliatan banget udah paham soal adat Padang, daripada ngambil resiko comot-comot vendor lain tapi hasilnya engga pure adat akhirnya nyokap ambil juga malam bainai.Banyak yang nanyain harga yang dikasih Djus Masri, serius deh beda-beda harganya setiap gedung & setiap kebutuhan. Karna kalo di Djus Masri, dikasih harganya sesuai yang kita mau ambil aja printilannya.

Yg lucu kemaren, setiap gue coba baju kebaya di sana sizenya langsung cocok jadi gampang milihnya tinggal milih model &warna yg gue mau aja, tapi pas Valdis nyoba baju pasangan gue malah engga cukup. Terpaksa deh Valdis bikin baju perdana, curang banget, tapi kalo kata nyokap ya itu rejeki Valdis, lol.

Saran gue kalo mau dateng ke sanggar &udah rencanain mau deal, bikin janji dulu aja sama marketingnya minta ketemu sama tante Djus nya langsung &team dekornya, jadi bisa langsung diitungin sekalian totalnya dan nego bonus-bonus juga.

Jl. KH. Syakhdan / Jl. U No.3
Kemanggisan (Depan kampus Universitas Bina Nusantara - yang lama)
021-5482270

6. Vendor Undangan

Jadi ceritanya bokap punya langganan tempat ngeprint semuamua keperluan kantor dia, nama tempatnya gue engga tau sih tapi nanti gue minta contactnya langsung ke bokap katanya gampang sih soalnya udah kenal banget sm bokap.Tapi temen-temen gue yang udah pada married saranin banget buat cek ke Pasar Tebet, tempatnya katanya panas banget.... udah kebayang sih takut engga sanggup tapi demi harga yang jauh lebih murah harus di sangghupppin.

Update: Akhirnya gue deal dengan Hiraloka untuk undangan. Ambil Wedding Package B. Harganya sih mirip banget sama Micasa, tapi bonusnya lengkap cocok banget buat orang yang males ribet kayak gue & Valdis.

Kenapa pilih hiraloka? karna gue sendiri udah ngerasain capek secapek-capeknya ngurus vendor bolak balik, jadi gue pengen ada beberapa vendor yang bisa ngobrolnya by japri/email alias vendor2 modern.

Dulu kakak gue bikin di 'pusat undangan', 9.000 udah kece banget 4 tahun yang lalu. Cuma yaa itu dia rajin cek ke Tebet sama lakinya. Mereka sih enak nikahnya pas break semester kuliah di Jerman jadi bisa nganggur-banget pas di Indo. Lah kalo gue...harus berapa kali Valdis cuti? huft


7. Vendor Souvenir

Nah berhubung ada acara pengajian, malam bainai, akad dan resepsi jadi gue sekarang pusing banget mikirin buat beda-bedain souvenirnya. So far baru kepikiran pengajian dan resepsi aja sih.

Souvenir pengajian : Nyokap mau banget kasih souvenir yang bisa dipake ibadah sama tamu nya. Jadi kayaknya mau beliin tasbih & sajadah, cuma kita belum cek dan belum dapet vendor apapun buat souvenir ini.

Souvenir resepsi : YAYYY!!! seneng banget akhirnya dapet souvenir yang gue & papi suka banget. Rahasia dong souvenirnya, tapi kita beli langsung dari pengrajin di Bali. Kenapa Bali? karna Bali pusat nya banget souvenir ini, kalo masuk ke vendor di Jakarta harganya bisa 3x lipat dari harga asli pengrajin di Bali. Pokonya souvenir nya wangi-wangi bikin relax gitu deh, biar tamu-tamu bisa relax pulang dari acara kita, LOL.

Jadi aku pesen souvenir nya engga melalui 1 vendor langsung. Aku pisah. Kayak box aku pesen beda lagi.

Box souvenir : untuk box aku peen di Mayestik, namanya Toko Keranjang Ri***y (atau ri**y, ri**y). NOT RECOMMENDED. Aku kasih nilai 4/10. Jadi sebenernya ini keos banget kasus nya. Sampe aku tulis di blog pun box yang udah aku pegang baru sekitar 300an (kurang dari 50%).

Jadi aku dateng ke toko ini setelah muter-muter di pasar Mayestik. Disini aku 2x datang, hari pertama untuk kunci harga box & kasih tau detail ukuran. Tapi karna kita ragu, takut salah ukuran jadi kita minta waktu untuk dp nya besok, kita pulang dulu untuk pastiin bener engga ukurannya. Karna beda 1cm aja harga bisa naik Rp 2.000. 

Besok nya aku dateng lagi ke toko ini, Alhamdulillah harga engga berubah dari yang kemarin kita deal. Kita DP 50% sesuai permintaan mas I**u. Aku dijanjiin box kita jadi 10 hari, maksimal 2 minggu. Setelah 4 atau 5 hari kita DP, aku di sms sama nomer engga dikenal, ternyata itu nomernya mas I**u. Nomornya engga tertulis di nota kita. Mas I**u ngelarang aku untuk dateng ke toko pas box nya selesai, katanya ambil box nya harus diluar toko. Aku whatsapp mas Ibnu untuk ngehemat pulsa karna feeling aku bakalan panjang nih ceritanya.

Ternyata, Mas I ini pesen box kita bukan sama pengrajin langganan di toko. Dia pesen box aku lewat temennya lagi. Kenapa? Katanya gara2 bos di toko engga setuju dengan harga yang dikasih Mas I ke aku. LOHHH KO BISAAAA!!! Aku bener-bener kaget, bingung. Aku deal di toko ini tanpa paksaan atau anceman dari aku yah, dia yang tawarin harga dan dia yang udah setuju. Kalo emang engga sesuai, kenapa setelah aku DP 50% baru di infokan ke aku. Jadi katanya niat baik Mas I ngebantu aku sama Valdis, dia pesen di temennya yang masuk ke budget sesuai perjanjian. 

Karna DP 50% itu nominal nya lumayan, dan kita udah buang waktu 5 hari karna baru dikasih tau, jadi aku iya in aja sambil baca doa tiap hari berharap hasil nya engga mengecewakan. Wajar yaah berarti ini sama aja aku beli barang jumlah banyak tanpa tau kualitasnya kan, yakan?. Setelah 10 hari aku tanya kabar box ku, ternyata belum jadi. Oke katanya tunggu sampe tanggal 20, tepat 2 minggu.

Tanggal 18 aku minta diinfokan ketemu dimana & bisa diambil jam brp box nya. Hp mas I off seharian, cuma aktif malem. Katanya dia telfon dulu temennya, setelah itu dikabarin ke aku. Tapi malah ngilang sampe besok nya tanggal 19, aku seharian telfonin, sms & whatsapp mas I untuk minta janjian besok. Maklum yhaaa kan dia ngelarang ke toko. Trus kalo engga di infoin aku harus kemana? Sampe jam 9 malem aku udah usaha banget nelfon2in dia tapi engga di respon. Aku dikasih nomer istri nya mas I pas nelfon nomer mas I ternyata katanya hp nya ketinggalan di toko.

Jam 7 pagi, tanggal 20 istri nya sms aku bilang katanya bisa diambil di toko boxnya. Aku makin heran lah katanya engga boleh ke toko. Dia juga bilang baru bisa diambil jam 4 sore, oke jam 4 sore aku ke Mayestik. Langsung gelagapan mas I & bilang barangnya engga ada di toko, kita ke snappy radio dalam aja. FINE, aku sama Valdis ke snappy, nunggu 30 menit lebih di parkirannya ternyata mas I nelfon kalo dia salah kasih info. Ternyata snappy gandaria. OKE aku sama Valdis kesana, nunggu 30 menit juga total 1 jam kita nunggu. 

Akhirnya dateng mas I bolak balik bawa total 6 plastik, yang ternyata baru sekitar 300 an box. Dia minta waktu lagi besok nya untuk diambil. Aku nolak, tapi Valdis terlalu baik akhirnya Valdis oke in. 

Tanggal 21, Valdis kemarin udah janjian untuk ketemu di lebak bulus, jam makan siang, Valdis dari kantornya yang arti nya dia engga boleh ngaret sama sekali karna abis ini ada meeting. Jam 10 atau 11 pagi mas I masih ada kabar, dia bilang kayaknya ngaret karna ujan. OKE aku ambil alih, aku bilang ke Valdis gapapa jam 2 aku aja yang ambil di lebak bulus.

Feeling udah bener-bener engga enak campur enek campur macem2. BENARRRR AJA LOH. Ilang lagi nih orang sampe detik ini (sekarang jam 4 sore, tanggal 21). Untungnya aku belum berangkat ke lokasi yg kita janjian. 

Sabar nya orang ada batesnya banget, ini udah lewatin bates sabar aku. Jadi besok aku putusin buat dateng ke toko nya langsung, dan paksa dia kasih box aku di toko, kalo ada bos nya malah lebih bagus. Engga lagi deh mau berurusan sama vendor kayak gini. Nguras kesabaran banget shaayyyy gila bener deh aku engga akan pernah rekomendasiin vendor kyk gini ke siapa-siapa. Ngeri apes kayak aku.

Nah kalo udah kayak gini yang perlu di salahin siapa? Mas I aja atau toko nya juga yang lalai? Kenapa aku bilang lalai, karna kan aku bikin pakai nota asli, pake nota yang ada nama lengkap toko nya, dan aku deal setuju untuk bikin disitu yahh karna atas nama toko itu. Kalo dariawal dibilangin bakal dioper ke orang lain juga aku engga bakal mau atau aku bakal mikir2 dulu. Jadi aku sih bener-bener kecewa sama vendor ini, kecewa sama toko nya sekaligus sm karyawannya nya yaitu mas I. Btw untuk hasil box nya sih emang engga mengecewakan, yg bikin kecewa cuma proses nya aja, terlalu rempes banget. Capeeek.

Update :
Akhirnya mas I kasih kabar ke Valdis malem2, dengan enteng nya bilang 'mas hari ini engga jadi yah, besok aja ambilnya'. SAKIT NIH. Pas banget besok aku emang udah janjian sama temen minta temenin ke Mayestik, rencana awal kan samper mas I ke toko. Langsung di sms sama Valdis kalo kita ke toko jam 1 siang. Nah aku sekalian bikin janji sama vendor lain di daerah Pondok Indah, jam 2 hehehe karna menurutku si mas I kan tukang ngaret, percuma aku prioritasin, yg ada aku malah stuck di Mayestik gara2 dia.

Tapi pas dijalan, tiba2 mas I sms Valdis bilang kalo dia udah standby di snappy gandaria. Wah nih manusia hebat banget. Aku langsung undur ketemuan sama vendor ku yang di pdk indah, langsung meluncur lah ke tempat mas I. Bener sih dia udah standby di sana dengan sisa box pesenan aku. Mas I minta maaf berkali-kali, berhubung aku udah engga bisa sabar lagi yah jadi aku langsung blak2an bilang kalo mas I udah sangat ngerepotin banget. Engga ngerti lagi udah capek kayak gimana ngejar2 dia. 

Tapi setelah dirumah aku cek, kualitas box nya engga bagus-bagus banget yang skrg. Menurut aku sih menurun dibanding yang sebelumnya. Tapi masih tetep oke ko untuk jadi box souvenir.

8. Make Up Artist

Sebenernya aku udah ambil full dari Djus Masri, ada yang aku suka make up nya yaitu bu Yusteni. Tapi susah banget minta jadwal test make up. Trus iseng buka instagram & iseng minta pricelist MUA kece :

Anpa Suha
Irwan Riady
Rianti
Laode Yusuf @makeupbylaode
Bubah Alfian
Allyssa Hawadi

Semua nya udah punya nama, hasil make up nya juga udah engga perlu di raguin lagi. Kece bangetttt, bikin jadi makin cantik. Tapi akhirnya aku pilih Laode. Soalnya emang udah naksir banget juga sih sama hasil make upnya. Semoga cucok pas hari H <3

You Might Also Like

12 komentar

  1. Hallooo ajeeeeng....
    Aku bolee minta contactnyaa ga?
    Mau nanya2 nih ttg sasanakriya.
    Thaaaankss yaaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, boleh ke email ku dulu yaaa nuradiantri.ajani@gmail.com :-)

      Hapus
  2. tetap terpentok rekanan sih ya...hehe

    BalasHapus
  3. Mbak boleh minta contact untuk souvenirnya pesan dimana. Saya jg pingin souvenirnya aromatherapy :D

    BalasHapus
  4. Mbak ajeng mohon contact souvenirnya di email ke aku yah..
    ryani_intan@yahoo.com
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba udah aku email ya utk info contact nya :-)

      Hapus
  5. Mbak ajeng mohon contact souvenirnya di email ke aku yah..
    ryani_intan@yahoo.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. halo mba ajeng. aku boleh minta PL dari pasoetri enggak mba? yang tahun lalu juga gpp mba. Sebagai referensi aku. boleh di email ke deliyanticv@gmail.com mba?

    Terimakasih mba ajeng :)

    BalasHapus
  7. Halo mbak Ajeng..trimakasih atas review vendornya..terbantu skali ^^

    Mbak..boleh info PL utk vendor DEO entertainment? Lihat di utube suka banget dgn suara2 penyanyinya..trimakasihh

    BalasHapus
  8. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    BalasHapus
  9. Make your dreams wedding come true at HIS GRAHA ELNUSA Tb. Simatupang. Get Honeymoon Maldives 5D4N NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    BalasHapus
  10. Ngurus nikah ribet? Kata siapa? Itu udah lagu lamaaa!

    Dengan memakai jasa HIS Wedding Organizer Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE (Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana atau Bridal, Entertainment, Photography, WO & Wedding Planner) tanpa ribet!

    Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

    Tunjukkan comment ini ke Wedding Public Relation kami untuk dapatkan bonus Honeymoon + Voucher Flight dan Foodstall Milenial (Sushi Tei, Hong Tang, Baskin Robins, Gulu-Gulu, dll)

    for more information & details:
    Savitri Rachma Budianti – Wedding Public Relation HIS Graha Elnusa
    081214804746

    BalasHapus

Popular Posts

Contact Me

Mine

Mine