My Mom: The Strongest Breast Cancer Survivor.

23.12

2015 has been a roller coaster for me. Seneng, sedih, kaget, semangat, pokonya semuamyanya tub ada di than 2015. Seneng tau tahun ini akhirnya gue dan Valdis nyoba selangkah ke depan buat hubungan kita, tapi sedih & kaget juga tau nyokap gue (secara tiba-tiba) divonis menderita kanker payudara stadium 2. I wassssss shocked. Mau terus sedih tapi ngeliat nyokap aja semangat banget ngelawan sakitnya, masa gue kalah hehe

13 April 2015
Gue engga pernah kepikiran buat kesini, rumah sakit Dharma Nugraha, bahkan tahu namanya aja engga pernah. Udah 2 minggu sejak nyokap gue pertama kali nya (iseng) ngejalanin serangkaian pemeriksaan kesehatan payudara nya di Yayasan Kanker Indonesia, hasilnya emang belum keluar dan seharusnya hasilnya bisa dilihat hari ini, tapi nyokap (lagi-lagi iseng) dateng ke RS. Dharma Nugraha karna rekomendasi temennya dan langsung periksa ke Dr. Didid Tjindarbumi, Sp.B.Onk, seketika itu nyokap langsung klik dan yakin untuk operasi payudara disini, & ternyata nyokap positif terkena kanker payudara, entah stadium berapa tapi dokter menganjurkan untuk seger di operasi mengingat besarnya benjolan di payudara nyokap. Sore nya gue, bokap, kakak gue &kakak ipar gue langsung menyusul ke rumah sakit nemenin nyokap yang besok dijadwalkan untuk operasi.

Bokap dan gue masih engga percaya kalo nyokap kena kanker payudara, kondisi nyokap bener-bener seger banget, kuat nyetir sendiri, ngurusin (jadi mandor) rumah kakak gue yang lagi di bangun, jadwal makannya engga bermasalah, tidur juga engga bermasalah, nyokap bener-bener terlihat sangat-sehat di usia nya yg ke 55.

Kita juga masih ngerayu nyokap untuk berobat di Singapore, bukan karna engga percaya dengan kedokteran disini toh dokter disini juga lulusan luar negri semua, kita cuma dengerin saran dari keluarga lainnya yang pernah ngalamin kondisi serupa &katanya sembuh berobat di singapore. Cuma nyokap ngotot &bilang feeling nyokap percaya banget berobat disini karna kalo ke tempat lain sama aja ngebuang tenaga nyokap. Well, apapun yang bikin nyokap jadi lebih semangat pasti harus kita dukung tanpa debat sedikitpun.

14 April 2015, 08 am.
Nyokap di operasi, payudaranya diangkat sebelah kanan. Operasi dimulai sekitar jam 8 atau 9an, gue dan bokap yang nginep di RS cuma bisa terus berdoa biar operasinya lancar. Payudara diangkat itu pure keputusan nyokap dan kita sekeluarga ngedukung 100% apapun langkah yang diambil dokter untuk kesembuhan nyokap. Sampe detik gue ngeliat hasil operasinya pun gue masih engga percaya kalo nyokap sakit.

Nyokap dirawat cuma +- 3 hari, setelah itu pulang sambil masih tersambung selat bening (darah ngalir terus menerus) dari payudaranya ke tabung kecil buat nampung darahnya. Gue gemeter lemes liat darah yang terus ngalir selama hampir 2 minggu, tapi nyokap bener-bener santai aja, dia masih kayak biasa, kayak engga sakit sama sekali.

Gue pikir pengangkatan payudara udah akhir dari pengobatan, ternyata nyokap masih harus ngejalanin kemo sampe 6x. Kemoterapi... duh engga pernah kebayang gue harus beneran ketemu sama kegiatan itu. Nyokap sempet agak takut, tapi dia terus bilang ke keluarga "kalo kita kuat, penyakitnya jadi lemahh.. jadi kita harus berani ngadepin proses penyembuhannya". Noted mi noted!! Gue disitu langsung malu, gue yang cuma nemenin ko lemah banget... nyokap gue aja kuat banget padahal dia kan yang ngerasain sakit apa engganya.

Setelah itu nyokap mulai ngejalanin kemo pertama nya, dari awal kita pilih kamar VIP karna ternyata kamar VIP disana aja sangat terjangkau. Nyokap nginep pas kemo pertama karna saran dari pihak rumah sakit takut nyokap masih kaget sama obat-obat yang masuk ke badannya, ternyata bener... kemo pertama efeknya keliatan banget ke nyokap. Nyokap diare, mual terus, lemes, jadi susah makan karna makan sedikit aja bikin nyokap muntah banyak. Sedih, bingung, takut, & engga tega ngeliatnya, Alhamdulillah efeknya cuma berasa beberapa hari, setelah itu nyokap seger lagi dan banyak makan lagi. Seneng banget! Kita sekeluarga mulai pelajarin makanan kayak gimana yang cocok buat ngelawan penyakit ini, buah-buahan kita stock banyak dirumah engga boleh sehari aja kosong, browsing-browsing vitamin yang bagus juga, &beli sari pati ayam biar bantu ngerefill tenaga nyokap. Rambut nyokap masih bagus, belom ada efek rontok sama sekali.


Kemo kedua, nyokap minta kamar biasa, debat lah sama bokap yang notabennya bokap selalu pengen yang terbaik buat keluarganya. Nyokap bilang dia ketemu beberapa temen pas kemo (sesama cancer survivor) dan nyokap lebih seneng kalo ngumpul jadi cerita-cerita punya temen selama di rs, akhirnya bokap ngalah &bilang ke rs kalo kita pindah ke kamar biasa. Nyokap cerita ke gue, katanya temennya lucu-lucu, ada yang dulunya nangis-nangis pas tau kanker &langsung ngelarang suaminya nikah lagi anaknya juga baru 2 masih kecil, ada juga yang udah agak tua dulunya pernah kanker pas muda tapi kambuh lagi sekarang setelah diet mati-matian (mungkin daya tahan tubuhnya langsung drop karna diet ketat), nyokap bilang malah jadi ceria ketemu mereka, ngeliat temen-temen semangat ngelawan penyakit bikin nyokap jadi makin semangat juga. Sedih dengernya sih terharu ngeliat perjuangan orang untuk hidup. Setelah kemo kedua, efeknya mirip-mirip kayak kemo pertama, beberapa hari setelah itu nyokap bilang kok rambut nyokap belom rontok ya, dia nelfon temennya yang kemaren kemo bareng &ternyata dia lagi liburan naik gunung... gue engga ngerti lagi pengen ngakak tapi pengen ngomelin juga, lol. Disitu nyokap ketawain temennya yang katanya udah rontok, beberapa hari setelah nelfon, rambut nyokap baru mulai rontok satu persatu, sampe menjelang kemo ketiga, nyokap udah pitak tapi tetep cantik.


Kemo ketiga, nyokap semangat banget ketemu temen-temennya, gue engga ikut nganter ke rs, jadi gue cuma nunggu dirumah. Nyokap pulang dengan tampilan beda, botaaaak, lol. Gue kaget tapi langsung ngakak ternyata nyokap dibotakin masal barent temen-temennya, mereka ber-6 foto bareng dengan kondisi botak. Semuanya ketawa, semuanya senyum, gue yakin kalo mereka semua pake wig pasti engga ada yang nyangka kalo mereka semua lagi berjuang ngelawan penyakit. Lagi-lagi gue malah sedih liat fotonya.... yagitudeh gue emang baper banget kalo udah urusan nyawa.

Alhamdulillaaaah banget-banget, Allah emang paling baik, nyokap hampir engga ngerasain efek macem-macem di kemo ketiga dan keempatnya, kata nyokap ini pasti karna nyokap udah ngerti dengan efeknya jadi udah bisa 'ngelawan' nya, &asupan gizi nyokap juga bener-bener diperhatiin sama dokternya, kesehatan jantungnya juga sangat-amat diperhatikan selama di rs. Nyokap udah balik jadi sosok ibu-ibu yang semangat, cuma bedanya nyokap udah engga boleh ngangkat yang berat2. Nyokap udah mulai bawel, udah bisa diajak jalan-jalan lagi, nyokap makin gendutttt karna gizinya lengkap, &bahkan nyokap colongan nyetir sendiri ke rumah temennya pas gue masih tidur. Duh emang nyokap gue bener-bener kayak gue, sok nurut tapi diem-diem ngelawan.

Kemo kelima (13 Agustus 2015), pertama kalinya banget gue nganterin nyokap kemo sendirian. Biasanya bokap nyuruh kakak ipar gue, tapi kali ini semuanya berhalangan &cuma gue doang yang nganggur. Berhubung dari kemo ketiga dan keempat nyokap engga ada efek aneh2, gue lumayan lega nganterin nyokap sekarang. Jadi pas gue lagi nunggu nyokap dicek segala macemnya, ada sekumpulan ibu-ibu lagi ngegossip tentang 'kanker payudara', gue engga mau nimbrung sama sekali walaupun gue pengen banget bilang kalo obrolan tante-tante itu engga pantes banget didenger sama penderitanya yang lagi nunggu diruangan yang sama juga. Ya gimana engga sensi, dia cerita tentang adeknya yang kena kanker payudara &kondisinya parah lemes banget, kan kasian pasien lain jadi down mentalnya, padahal selain obat... mental juga harus banget diperhatiin untuk pasien penyakit apapun itu, makanya keluarga gue engga mau debat sama nyokap tentang apapun keputusan nyokap. 

Setelah jam 12an, nyokap udah diperiksa sama dokter Didid & dokter jantung nya, ternyata nyokap belom bisa kemo hari ini karna leukositnya tinggi jadi nyokap dikasih obat dulu selama 3-5 hari setelah itu baru bisa dateng lagi ke rs untuk diperiksa bisa langsung kemo atau engga. Akhirnya kita pulang deh, jalanan kosoooongggg ngeluncur gitu aja ditol dari rawamangun sampe nembus ke sentul. Iya sentul. Jadi kita nyasar! dari rawamangun harusnya kita belokin ke taman mini kan kalo mau kearah pondok indah, jadi pas dibelokan itu gue tanya nyokap "Mamiiii.... venue aku! mau mampir dulu engga mami liat gedung aku?" trus nyokap cuma bilang "Duh mami kan terserah kamu sm valdis aja mami gapapa dimana aja terserah kalian" yauda gue tarik kesimpulan nyokap lagi capek jadi mau langsung pulang, yowess gue nyetir dijalur paling kanan lurussss terus (teralalu) fokus ke depan, &tiba-tiba gue mulai liat pohon-pohon.... kapan nyampe kp.rambutan nih gue pikir, ko kayak mau ke bogor jalanan tol nya.... trus gue nengok ke kiri ke penunjuk jalannya ternyata kita baru aja lewatin gerbang exit sirkuit sentol. Ngakak, shock, kaget, bingung &pegeeeeeel kaki barbie. Gue langsung nelfon Valdis dia juga malah ngakak katanya gue kejauhan banget banget kelewatnya. Yauda gue sama nyokap putusin buat keluar di Sentul, trus masuk tol ke parung &pulang nya lewatin jalur parung yang untungnya lagi sepi juga.

Kemo ke enam, akhirnya kakak gue si Agas pulang juga dari Jerman, doi s2 tapi belom lulus-lulus karna betah kerja disana. Dia pulang cuma 2-3 minggu khusus nganterin nyokap kemo terakhir. Nyokap semangat banget dia happy banget akhirnya 6/6 kemo hampir semuanya dilaluin sama nyokap. Sayangnya pas diperiksa ternyata harus ada perbaikan, gue engga ngerti istilah medisnya gimana yang jelas kita bilangnya sih remedial hehe. Nyokap harus diinfus dulu sekitar 6 jam kalo engga salah deh, baru nyokap bisa kemo. Gue engga nemenin nginep, cuma Agas aja yang nginep di RS nemenin nyokap. Besok paginya baru deh dijemput lagi.




AKHIRNYAAA.... seneng liat nyokap lega 6/6 kemo udah selesai. Nah pas banget ternyata kita dapet info Siloam di Tb.Simatupang ternyata udah bisa radiasi buat kanker. Yayy!! awalnya kita mau ke Siloam Semanggi tapi jauhhhhh nya itu loh, trus kita juga tertarik ke RSPP. Fyi, radiasi itu dilakukan setiap hari senin-jumat jadi kita sengaja milih RS yang deket biar nyokap juga engga kecapean.

2 minggu setelah kemo terakhir, akhirnya gue sama nyokap mulai radiasi. Dr. Yudi bilang nyokap harus ngejalanin 21x radiasi. Katanya sih engga boleh kena air alias engga boleh mandi di bagian payudara kanannya. Agak berat yaaa apalagi nyokap juga demennya mandi. Ternyata pasiennya banyak banget disana, kita juga ketemu beberapa pasien malah dari Bali soalnya di Bali radiasinya cuma 1 rumah sakit jadi ngantri nya lamaaaa.

Banyak banget pelajaran tentang hidup yang gue dapet selama nemenin nyokap berobat, banyak orang-orang sederhana yang hebat diluar sana ya. Semoga mereka selalu diberikan kesehatan dan tetep bersyukur sama kehidupan masing-masing. I couldn't be more proud of you Mami. God bless survivors <3

Fyi, gue nulis cerita tentang nyokap gue bukan untuk menyinggung pasien kanker &keluarga pasien siapapun. Ini murni curhatan doang.

Kalo kata nyokap :
"Kanker itu emang serem, mami juga takut pertama dengernya. Tapi mami percaya kalo obat aja engga bakalan bisa sembuhin penyakit tanpa dibantu mental&keberanian dari kita nya. Alhamdulillah mami ngejalaninnya kuat sampe sekarang, tapi emang efek kanker itu berbeda-beda setiap pasien, jadi engga bisa dibanding-bandingin sama pasien lagi, harus dihadepin langsung sendiri jadi jangan pernah takut buat ngejalanin prosesnya &jangan ditunda-tunda untuk sembuhin &mencegahnya."

You Might Also Like

5 komentar

  1. Terimakasih atas sharing nya, bikin mood yang awalnya stress jadi lebih baik :) karena mama juga abis mastek dan baru menjalani chemotheraphy (sama dengan dr didid juga). Kalau boleh tau, pola makan mama nya apa aja yah? Karena pantangan dr didid kayanya gampang banget (cuman ada 4 aja), tapi kalo baca2 banyak yang nga boleh dimakan.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hai Diajeng Ajani, thanks untuk sharing nya.
    Bagaimana kondisi Mama skr ?
    Kalau saya mau nanya2, bisa chat kemana yaa ?
    Thanks
    From Irene Jakarta

    BalasHapus
  4. hai diajeng bisa saya minta kontaknya? thx

    BalasHapus
  5. Hai diajeng..gimana kabar nyokap selarang, aku jg mau oP sama dr didit..doain ga 0erlu kemo yah..takut banget ngjalaninnya..serta biayanya..hehehe

    BalasHapus

Popular Posts

Contact Me

Mine

Mine