Lamaran adat Jawa dan Minang ala Ajeng dan Valdis #AjengValdis

19.13


Masih ingat kah kamu dengan social media Friendster dan MSN ? Walaupun kedua social media tersebut sudah tidak dapat kita akses lagi, tapi Friendster dan MSN memiliki peranan penting dalam hubungan aku dan Valdis.


Awal Perkenalan

Perkenalan kita berawal dari dunia maya. Saat itu Valdis dengan iseng meng-add account Friendster aku. Setelah 13 hari berkenalan di dunia maya dan hanya sempat bertemu kurang dari 5 menit, Valdis meminta aku untuk menjadi pacarnya, saat itu aku masih 14 tahun dan engga pernah kebayang kalau hubungan ini akan lancar & langgeng, jadi aku (asal) menerima dia, kita resmi berkomitmen sejak 20 Mei 2007. Banyak yang ragu sama hubungan kita, mereka nyebutnya kita blind date dan menurut mereka hubungan kita engga akan tahan lama. Namun siapa sangka perkenalan singkat 13 hari melalui friendster dan MSN itu dapat bertahan hingga sekarang yaitu 8,5 tahun?.

Dari awal pacaran kita engga pernah muluk-muluk bikin rencana macem-macem ke depannya. Mungkin karna kita pacaran dari umur 13 tahun (Valdis) dan aku 14 tahun, kita ngejalaninnya gitu aja... ngalir ikutin kegiatan sehari-hari kita. Dari seragam putih biru, putih abu-abu, kuliah, dan hingga kini kita udah membangun karir masing-masing. Ternyata udah 8 tahun, engga berasa ya Dis!

Pertama kali Valdis melamar aku pas kita lagi sibuk ngerjain skripsi. Engga ada moment romantis, dia ngelamar aku tepat di hari ulang tahun dia. Setelah aku kasih surprise dimobil, dia langsung ajak aku pergi, aku kira kita mau makan siang ternyata aku dibawa ke toko emas dan dia ngelamar aku langsung di depan toko nya dengan cincin yang baru aja kita pesen.

8 tahun merupakan waktu yang lama dan sangat cukup membuat kita yakin dengan hubungan kita. Banyak proses yang udah kita lewatin bareng-bareng, proses yang sedikit engga enak pas dijalanin tapi menghasilkan hubungan yang lebih kuat. 

Walaupun Valdis udah melamar aku, tapi kita sepakat untuk menunda meresmikan pertunangan kita sampai kita lulus kuliah dan mendapatkan penghasilan tetap masing-masing. Tujuannya sih biar engga nyusahin orang tua, kita pengen nikah setelah punya penghasilan tetap, tapi kita juga pengen nikah muda biar jarak umur anaknya engga beda jauh sama kita, Valdis sekarang 22 tahun, aku 24 tahun. Makanya waktu itu kita serius kuliahnya biar cepet lulus, karna pengen nikah muda.


Tema & Persiapan Lamaran

Akhirnya pada bulan puasa tahun 2015, Valdis meminta ijin kedua orang tua aku untuk membawa hubungan kita ke tahapan serius. Orang tua aku teramat-sangat setuju dengan rencana kita. Pertemuan keluarga pun dilakukan untuk menentukan tanggal lamaran dan akhirnya acara lamaran diadakan pada 14 Februari 2016 bertepatan dengan wedding anniversary Mami dan Papi. Tanggal lamaran kita wedding anniversary orang tua aku, dan dulu kakak aku juga dilamar tanggal ini. Jadi kayak udah turun menurun gitu tanggalnya.

Walaupun kita sebenernya memiliki waktu persiapan cukup lama, tapi konsep lamaran baru ditentukan pas M-1. Aku berdarah Padang dan Jawa, jadi aku sengaja memilih nuansa jawa untuk dekorasinya. Tujuannya sih biar berasa kental adat asli pemilik rumah nya alias Papi yang berasal dari Jawa Tengah.

Untuk busana, aku emang kurang betah memakai kebaya, jadi aku memilih model kutu baru sebagai baju lamaran ku. Kalau biasanya nuansa Jawa memakai warna-warna yang kalem & netral, aku justru memilih warna merah dan aksesoris berwarna gold untuk seragam keluarga inti. Merah dan gold merupakan perpaduan warna yang lebih sering digunakan dalam adat Minang, berhubung mama ku berdarah Padang jadi aku langsung sreg liatnya. Biar nuansa Padang nya tetep berasa dari seragam. Ohiya, baju lamaran ku dijahit khusus tante nya Valdis, free, katanya sih buat kado lamaran.

Sedangkan Valdis dan keluarganya datang dengan menggunakan adat mereka, yakni Betawi dan Padang. Kemeja yang digunakan Valdis merupakan batik khas Padang yang dibeli langsung oleh Mama nya di kota Padang. Selain itu, Valdis juga membawa seserahan khas Betawi yakni Roti Buaya sebagai simbol kesetiaan dan kue khas betawi lainnya.


Alhamdulillah acara lamaran ku berjalan lancar. Seluruh tamu memuji dekorasi dengan nuansa jawa dirumahku, dan baju ku yang membuat aku keliatan jadi gadis jawa-banget. MUA aku yakni Mba Ghita, berhasil banget ngerubah muka aku, sampe pada pangling. Ya wajar sih pangling, aku kan engga pernah pake makeup tebel kayak gini kalo acara-acara biasa.

Selain itu MC di acara lamaranku sangat membantu membangun nuansa Jawa, Pak Agus Daryanto, siapa sih yang engga tau beliau. MC yang paling jago mencairkan suasana. Pak Agus Daryanto ini baik sekali. Beliau engga pernah terapin fee tetap, karna menurut beliau rejeki sudah diatur oleh Allah swt. Beliau juga engga mau dijemput, padahal beliau dari Jakarta Timur jauhhhhh banget ke rumahku. Selain itu, beliau juga bawain cd instrumen Jawa untuk dipasang saat keluarga Valdis baru sampai dirumah ku.


Selama persiapan, Mama ku sangat berperan dalam memilih vendor. Banyak vendor yang aku tolak karna Mama kurang sreg. Kita pasti diskusi sebelum deal vendor, dipertimbangkan baik dari segi harga maupun pelayanan yang ditawarkan setiap vendor. Engga jarang juga kita berselisih pendapat tapi aku lebih memilih ngalah karna melihat Mama senang ternyata lebih penting daripada paksain kemauan aku.

Tantangan berikutnya datang dari pemilihan tanggal ‘cantik’, banyak vendor khususnya vendor catering menolak order-an #AjengValdis dikarenakan sudah full order. Untungnya Mama ku rajin bikin list vendor dan detail nya, jadi tinggal ditelfon-in aja.


DIY Project


Untuk memastikan semua dekorasi sesuai dengan kemauan aku, aku memutuskan untuk melalukan DIY Project yang dibantu kakak ipar aku. Mulai dari merangkai bunga, meletakkan pernak pernik dekorasi, membeli kain brokat & batik yang aku pakai untuk taplak, sampai membantu Valdis meletakkan gebyok-gebyok dirumah. Capek-banget, tapi puas-banget. Ngeliat hasilnya rasanya engga pengen dekorasinya dibongkar.


List Vendor

Designer : Virni Kebaya.
Photo : Adryan Toro.
Catering : Kabul Catering, DimsumBedaRasa.
MUA : Ghita Rachmawati (ig : @Ghitaraa)
MC : Bapak Agus Daryanto (0818978868)

You Might Also Like

3 komentar

  1. Jeeeeng akhirnya aku nemu blog kamu, ahahaha! Once again, may the marriage is more beautiful than the wedding. Tapi kemaren kece banget loh! Sukiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru baca comment kamuuu aaahh makasi banyak yah Ratri dan Abhi udah dateng, semoga kalian cepat menyusul karna udah cucok banget liatnya <3

      Hapus
    2. Sama-sama Ajeeng, aaamin ya Allaah semoga jalannya dilancarin yaaah

      Hapus

Popular Posts

Contact Me

Mine

Mine