Akad Nikah Betawi #AjengValdis

07.57

Berhubung acara resepsi kita malem di Sasana Kriya, ternyata nanti Ijab Kabul nya engga bisa di depan pelaminan, alias ijab kabul di lobby. Walaupun lobby Sasana Kriya kece, tetep aja aku engga sreg ijab kabul di tempat yang harusnya jadi lalu lalang orang-orang banyak. Kurang berkesan aja. Akhirnya kita putusin kalo nanti ijab kabul nya diadain dirumah.

Tapi M-2 aku belum ngurus printilan untuk ijab kabul. Termasuk dekorasi. Sebenernya dekorasi di dalem rumah udah dihias nuansa Padang, basian acara malam bainai sih. Jadi yang aku perluin tinggal dekorasi di luar ruangan, meja kursi akad, dan dekorasi kamar pengantin.

Tiba-tiba aku tertarik untuk pakai adat betawi, dari kecil emang naksir banget sih sama mahkota betawi nya walopun banyak yang bilang norak tetep aja aku suka banget liatnya. Aku muter-muter beberapa vendor yang bisa bantuin aku dapetin mahkota betawi, kebanyakan vendor nawarin sekaligus makeup tapi aku engga naksir sama hasil make upnya, duh bener-bener perjuangan banget...


1. Diamond Wedding
Sebenernya Valdis udah bikin jas, baru banget jadi. Tapi kita langsung kepikiran kayaknya kurang cocok akad dirumah pake jas. Aku langsung cari vendor yang punya koleksi baju lengkap, murce, dan kece. Aku langsung cus ke diamond, ternyata benerrrr.... baju nya banyak banget. Valdis emang males nyimpen baju akad, jadi kita cuma sewa aja baju disini.

Aku juga curhat sama mba Ika (marketing Diamond) lagi cari banget makeup artist yang bagus tapi yang udah sekalian dapet mahkota betawi, ditawarin Mba Milla Yuswan. Aku sih kurang sreg karna engga pernah liat hasilnya. Aku minta mba Ika kabarin aku terus kapan jadwal terdekatnya mba Milla, tapi sampe sekarang ngilang gitu aja... yaudah makin engga sreg deh.

Trus aku tanya untuk dekorasi dirumah, waktu itu ngantri dulu ada pasangan yang baru juga mau rencanain nikah... panjang banget ih nanya2nya jadi aku males nungguinnya.

021-7984746
087884308555
Jl. Amil no.60
Pejaten Barat

2. Se**bu**nab****i.com
Ini sih dapet dari internet karna aku cari vendor yang ngerti banget Betawi. Engga tau nama asli vendor ini apa, jadi aku nyebutnya pake alamat website dia aja. Lokasi nya di dalem gang banget, kita harus parkir mobil di mesjid trus harus jalan kaki ke dalem. Lumayan jauh sih jalan kaki nya buat orang yang jarang jalan kayak aku. Ternyata ownernya mantan ketua kang non tahun berapa ya... lupa. Jadi ownernya emang orang betawi asli ceritanye, paham banget dah pokoknya tentang seluk beluk Betawi.

Dari awal dateng kita engga langsung buru-buru diliatin koleksi nya, diajak ngobrol dulu. Kebanyakan sih ownernya selalu ngomongin pengalaman dia di event-event yang pernah dia tanganin. Tapi cucok yaahhh rempis deh kang gossip banget, jadi doi gossipin event semalem yang MUA nya pake MUA kece sejagat, tapi menurut dia hasilnya jelek. Sedih sih dengernya soalnya aku juga naksir MUA itu, cuma karna aku lagi butuh nih vendor jadi aku iye iye in aja biar cepet ngobrolnya. Tapi dia bener juga dia bilang 'harus pinter milih vendor jangan yang mahal doang, sayang duitnyaaa mending buat yang lain'

Setelah ngegossip panjanggg akhirnya diliatin deh koleksi nya. Koleksi baju nya juga lengkap untuk adat Betawi, cuma engga ada yang aku sreg warna nya. Ngejreng semua. Tapi emang ciri khas nya Betawi tuh ngejreng ya? Teteuuppp di dalem hati sih seleranya kalem-kalem, engga sengejreng itu juga sih kalo ane.

Nah akhirnya di vendor ini bisa sewa mahkota betawi nya aja tanpa harus ambil make up nya aja. Langsung girang banget lah denger nya. Berhubung aku juga cari dekorasi jadi sekalian ngobrol2 soal dekorasi. Kalo dari vendor ini sih total dekorasi & mahkota betawi nya jadi Rp 27.500.000, karna aku belum sempet cari option jadi deh langsung aku dp Rp 1.000.000 untuk booking tanggal. Tadi nya mau dp Rp 5.000.000 tapi apa daya engga bawa cash sebanyak itu didompet, untung nya boleh dp segitu dulu tapi dengan catetan nanti dp nya ditambahin lagi.

Nah pas jalan menuju mobil itu aku baru engeh, ko mahal banget ya dengan dekorasi yang menurut ku bukan selera aku 100% banget. Akhirnya diskusi sama keluarga. Keluargaku juga pas liat dekor nya juga kurang sreg sih karna terlalu tradisional banget, sedangkan kita pengennya emang yang agak modern, pengen warna-warna yang kalem. Mama ku nyuruh di cancel aja dekorasi nya, jadi ambil mahkota nya aja. Ternyata cuma dikurangin Rp 10.000.000, jadi harga mahkota nya aja Rp 17.500.000. Reflek aku bilang "Ohh ternyata mahal yaah mahkota betawi nya aja", aku engga maksut bilang barang dia jelek jadi engga pantes dihargain mahal ya, sama sekali engga, cuma aku kira awalnya harga mahkota betawi engga bakal sampe semahal itu, toh harga MUA yang udah sekaligus aksesoris nya aja engga sampe segitu kan. Tapi reflek dia "Haloooo punya gue emas semua kaleeeeeeeeee". Yahh langsung deh aku makin yakin kalo emang etika dia engga cocok masuk di team #AjengValdis. Selama 9 bulan ngurus nikahan dengan vendor-vendor yang lebih ternama lainnya belum pernah nemuin etika sejelek ini.

Akhirnya pulang dengan bete banget dan langsung sibuk browsing pengganti nya, Alhamdulillah ketemu yang lebih sreg dengan nama & etika yang menurut ku lebih worth it untuk ikut gabung di team #AjengValdis. Setelah itu aku whatsapp ownernya vendor ini dan aku bilang cancel semua acara ku di dia, udah deh... no respon shaaayyy mungkin prosedurnya kayak di online shop, blacklist yah sist. Yasudah lah mungkin doi kecewa juga, bodo amat sih.

Banyak yang bilang sayang uang DP nya. Tapi Alhamdulillah sih aku engga nyesel cancel kerja sama dengan vendor ini, karna dari awal etika nya udah beda banget sama aku, engga bakal bisa klop kalopun kerjasama. Susehhh shayyy.

3. Sanggar Liza
Di rekomendasiin temen, dikasih langsung contact nya tapi di read doang no respon juga. 

4. LZ Service
Kasus nya mirip dengan Deo nih. Awalnya engga nyadar iseng pernah buka profile dia di bridestory.com, trus dikirim pricelist nya. Berhubung aku engga inget, jadi aku iseng buka instagram nya buat ngeliat hasilnya. Ternyata aku suka hasil2 nya, menurutku kece apalagi untuk pengajian dan akad.

Akhirnya aku whatsapp Mba Zahra (ownernya). Jadi LZ itu inisial mba Zahra sama suami nya deh kayaknya, project berdua, lucu yaaah. Ohiya jadi kata mba Zahra dia juga punya aksesoris betawi yang aku cari, yayyyy! soooo happy. Trus lokasi nya di Bintaro, deket shay.

Aku langsung dp untuk pengajian dan akad sama mba Zahra, termasuk borong buat mama ku dan kakak2 aku yang lainnya. Semoga cucuok deh pas hari H, liat foto-foto nya sih udah naksir banget.

Instagram : @Lzservice
Whatsapp : 082217226964

5. Sentra Bunga
Untuk dekorasi aku sempet survey budget ke vendor ini. Sebenernya bukan vendor yang paham banget sama Betawi, termasuk vendor modern, tapi ngeliat hasilnya sih aku yakin mereka bisa dengan konsep aku yang biasa-aja. Sempet ngobrol dikit di whatsapp untuk budget, budget untuk dekorasi nya aja harganya 2x lipat dari 'vendor-dalem-gang', tapi walaupun lebih mahal aku malah lebih sreg karna etika nya bagus. Jadi boleh lah di masukin list untuk dipilih.

6. Di Bloemens
Sebelumnya aku engga pernah denger tentang vendor ini sampe direkomendasiin sama temen. Menurut temen ku untuk konsep aku, Di Bloemens pasti bisa. Budget yang ditawarin juga jauh banget dari vendor lain. Sabtu kemarin aku udah ketemu dengan Mba Anna, owner nya. Sayang nya aku engga sempet dikasih lihat portfolio dia, padahal aku belum pernah liat hasilnya. Jadi selama ketemu kemarin kita cuma (lagi-lagi) bahas konsep dan dia janji kirim penawaran terbaru nya by email. Dia juga cerita katanya ini cuma hobby yang dibisniskan, jadi emang engga kejar setoran, engga heran susah banget cari info tentang vendor ini di internet.

7. Azka Anggun
Kalo vendor ini sih udah kesukaan aku dari awal ngurus nikahan. Awalnya kalo pake adat jawa pengen banget pake vendor ini buat dekorasinya, cucok bgt untuk dekorasi adat. Jadi terkesan modern tapi tetep kental nuansa adatnya. Tapi sayang engga jodoh, karna aku pake nya adat Padang, jd sekalian dengan Djus Masri dari a to z biar engga rempes. Tapi untuk akad, iseng aja nanya budget untuk konsep aku. Agak kaget ternyata harga nya lebih murce dibanding penawaran dari vendor lain. Mungkin karna doi ngerti banget juga kalo aku cuma butuh itemnya dikit huft tapi tetep dipertimbangin sih, so far vendor ini masuk ke list nomer 1 buat didiskusiin sm Valdis.

8. Classy Tent Decoration
Baru banget ketemuan tadi siang sama mba Rana, asik bgt diajak ngobrolnya & baikkkk. Untuk budget sama kyk yang ditawarin Di Bloemens, persis banget sama. Trus Classytent ini juga sewain lengkap sampe tenda-tenda, belum tau sih harganya karna belom dikirimin invoice nya, tapi katanya karna aku juga ambil dekorasi nya jadi yaahh cincai lah harga bisa di pres sama di alias didiskon2. Sebenernya kalo tenda aku ragu sih karna mama ku punya temen deket yang bisnis tenda, bukan ragu sama hasilnya mba Rana, tapi ragu bisa ngebujuk si Mami. Biasa kannnn nyokap solidaritas banget kalo sama temen huhu

Beneran susah banget cari vendor yang bisa dimintain ngedekor minim kyk keperluan aku sekarang. Kebanyakan vendor dekorasi kasih harga minimal order mereka, walaupun item yang diminta aku engga sebanding sama nominal tersebut. Resiko nya gini sih kalo ngadain nya dirumah, kalo ngadain di lobby kan lebih simple... tapi kurang gengges huft

Emang yaahh nothing's worth having comes easyyy. M-2 masih harus ngurusin akad nikah, tapi gimana dong emang pengen banget pake adat Betawi. Kita harus bener2 kasih effor kita kalo mau dapetin sesuatu. Zemangat Zenggg!

You Might Also Like

2 komentar

  1. aku mau review tentang HIS Patrajasa, mereka start pax dari 800 - 1500an. Patrajasa siapa sih yang gak tau Patrajasa Gatot Subroto? Gedung klasik mewah terkenal di tengah kota. paketnya kemarin merka kasih all in jadi tinggal urus souvenir sama undangan. Mereka juga kasih free honeymoon ke kamandalu 3D2N dan logam mulia 10gr lumayan utk nambahin mahar!! ini nomor marketingnya 082211549246 mungkin ada yang mau tanya tanya, semoga membantu..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Popular Posts

Contact Me

Mine

Mine