Wedding Planning Tips

08.31

Hi, udah 1 bulan lebih gue berpusing-happy ngurus #AjengValdis. Bukannya ngerasa udah ahli sih, cuma pengen kasih tips dari pelajaran 1 bulan yang gue tangkep skrg. Semoga bermanfaat buat bride to be lainnya biar engga ngelakuin 'kesalahan' kayak #AjengValdis.



#1 Tentuin Budget
Penting banget, banget, banget. Jadi setelah pacar kalian ajak kalian buat melangkah ke jenjang pernikahan, coba deh langsung obrolin baik2 ke orang tua atau ke siapapun itu yang 'ngebantu' budget kalian buat ngadain resepsi maupun akad &acara2 adat lainnya. Karna awalnya gue sama Valdis engga pake tentuin budget, kita asal aja pilih gedung yang kita suka banget, ngotot disitu sampe bolakbalik cari tanggal yang kosong. Emang sih ujung2nya totalnya masih on budget, tapi teteeeppp aja gue belajar kalo ternyata tentuin budget itu penting, jadi ketauan budget yang kita mau keluarin untuk setiap vendor itu kira-kira berapa.


#2 Plan Your Wedding Theme
Mau tema kayak gimana? full adat alias full traditional kayak #AjengValdis atau mau garden party atau mau kaya gimana? Banyak ko sekarang website yang bisa kasih kalian inspirasi, kayak di instagram ada @bridedept, terus bridestory.com, weddingku.com. Banyak deh! ohiya jangan lupa diskusikan dengan keluarga. Kadang bride to be berfikir "loh kan nikahan gue, terserah gue lah mau kyk gimana kan cuma sekali seumur hidup gue", tapi ternyata kebahagiaan orang tua kita tuh masih lebih berarti dibanding kebahagiaan kita yang cuma buat 2-3 hari acara itu. Ngeliat orang tua bangga ngundang temen2 lamanya buat ngeliat anaknya akhirnya ketemu jodoh dia &memilih jalan hidupnya sendiri... menurut gue itu jauh lebih penting daripada gue maksain kemauan gue untuk acara beberapa hari. Toh setelah itu gue juga bahagia kok sama pilihan hidup gue.

#3 Bikin List Venue Impian
Bikin list venue yang emang kalian taksir banget, bikin list plus & minusnya gedung itu. Ets jangan lupa bikin juga list keperluan acara kalian apa, nanti tinggal diliat mana sih yang plus nya lebih banyak, mana juga yang minusnya banyak ataupun minusnya masih bisa tertutupi sama plusnya itu. Ya intinya perhitungan lah cari venue jangan cuma sekedar demen tapi ternyata minusnya banyak kan sayang juga shaayy.

Btw, list keperluan venue itu meliputi :

1. Lokasi, jangan jauh2 banget dari rumah kalian atau daerah2 tamu undangan kalian, kasian nanti pada kesusahan dateng kalo kejauhan nah ujung2nya malah engga dateng, jadinya makanan banyak yang sisa, mubazirrrrr.
2. Kapasitas venue, bukan nentuin siapa aja yang diundang dulu sih cuma perkirain itungan kasar aja kira2 berapa sih jumlah undangan kalian & keluarga kalian.
3. Tinggi venue, penting banget buat #AjengValdis karna kita pake rumah bagonjong jadi cari gedung yang cellingnya tinggi.
4. Rekanan venue harus banyak &jangan banyak charge2 yang bikin budget membengkak deh. Penting nih! berhubung Sasana Kriya yang wajib itu cuma dekorasi, catering, dan photo jadi yaaa cucok deh sama gue yang males berhubungan dengan charge2 resek.

Contact satu persatu venue yang memenuhi syarat venue kalian, cari deh tuh tanggal yang available. Kalau kamu bm-an banget, mending hunting setahun sebelumnya biar leluasa pilih tanggalnya.

#4 Hunting Vendor
Sebelum deal dengan venue, boleh loh minta list rekanan vendor digedung tsb &secepetnya mintain pricelist mereka satupersatu. Kalian bukannya gue suruh php-in vendor kok, gue rasa semua vendor sekarang udah engga baper, mintain aja penawaran buat acara kalian sedetail-detailnya. Vendor juga ngerti kok acara sekali seumur hidup pasti keputusannya perhitungan banget, jarang ada yang sekali ngobrol langsung deal. Ohiya minta penawaran sama langsung nego aja, jadi ketauan kalian dapet apa aja dengan harga yang ditawarkan.

Apalagi photography, dekorasi, dan catering. Itu paling bisa nego loh, so far gue nego lumayan dari ketiga vendor itu, nyokap sih yang sadis nego gue sih engga tega & engga bisa nego juga.

#5 Manfaatkan Pameran Wedding
Bonus & diskonnya emang engga heboh banget, tapi siapa sih yang engga suka 'barang' atau 'jasa' gratisan? xixixi. Kayak catering biasanya bonusnya kambing guling, lumayan buat nambahin stock kambing guling kalian. Kalo photo bisa dapet screen free &prewedding free, lumayan-banget loh. Kalo dekorasi yaaa coba ajak ngobrol nyokap gue gimana caranya nego bisa turun sampe 15jutaan.

#6 Cari Harga Mengikat
Untuk kalian yang acaranya masih ditahun berikutnya, bisa loh booking dari sekarang aja biar dapet harga taun ini. Setiap tahun naiknya bisa 10%, lagi-lagi gue cuma bisa bilang lu-ma-yan. Sayangnyaaaaa Sasana Kriya harganya engga mengikat, kalau aja tanggalnya masih banyak juga gue engga bakalan booked sekarang, lol.

#7 It's Your Wedding Dream!!
Inget loh, ini tuh pernikahan kalian berdua, dan untuk satuin dua keluarga. Engga usah stress mikirin omongan orang tentang vendor atau tema nikahan yang kalian pilih. Cuekin aja. Yg penting kalian & keluarga bahagia kok dengan acara kalian, toh bukan orang lain yang biayain &ngurusin kalian.

#8 Catet!
Terakhir, catet semua obrolan kalian apalagi pas nego2 harga sama vendor apapun itu, karna ada juga vendor yang ngemeng doang, awalnya bilang A eeh minggu depan bilang B, bikin sakit ati nih yang begini.

#9 Relax & Enjoy
Nikmatin aja proses pusing-pusing menuju halal. Jangan dibawa stress, sering-sering tenangin diri kalian sebelum mau ngomel / protes / apapun itu deh. Karna nanti nya (katanya) yang bakalan dikangenin itu ya kesibukan kayak gini.

Segitu aja sih tips dari #AjengValdis, namanya juga baru belajar 1 bulan lebih jadi masih dikit pelajarannya. Good luuuuccckkkk semua nya!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Contact Me

Mine

Mine